Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Grobogan
  1. Anthrax atau Radang Limpa, disebabkan oleh Bacillus anthraxis. Tanda-tanda penyakit ini antara lain : demam yang tinggi, sulit bernafas dan defekasi (buang kotoran), kehilangan nafsu makan, pembengkakan di bawah kulit leher, dada, perut, dan rusuk , keluar darah dari mulut, hidung, dan dubur. Penyakit ini sangat berbahaya dan mudah menular kepada manusia yang dapat menimbulkan kematian mendadak.  Sporanya tahan sampai 50  tahun di dalam tanah dan sering digunakan sebagai bahan pembuatan senjata biologis.
  2. Penyakit Pink Eye.

        Pink Eye merupakan penyakit mata akut yang menular pada sapi, domba maupun kambing, biasanya bersifat epizootik dan ditandai dengan memerahnya conjunctiva dan kekeruhan mata. Penyakit ini tidak sampai menimbulkan kematian, akan tetapi dapat menyebabkan kerugian yang cukup besar bagi peternak, karena akan menyebabkan kebutaan, penurunan berat badan dan biaya pengobatan yang mahal. Mikrorganisme penyebab ditularkan lewat kontak antara ternak peka dengan ternak penderita atau oleh serangga yang bisa memindahkan mikroorganisme atau bisa juga lewat iritasi debu atau sumber-sumber  lain yang dapat menyebabkan goresan atau luka mata.

Bahan :
1. Jerami kering/daun-daun kering/ sekam/serbuk gergaji atau bahan apa saja yang dapat difermentasi 200 kg.
2. Pupuk Organik yang sudah jadi 20 kg.
3. Dedak 20 kg.
4. Gula pasir (5 sendok makan).
5. PROBIOTIK 200 ml (20 tutup botol).
6. Air secukupnya.

bupati cek sapiHewan yang layak untuk diqurbankan adalah berkelamin jantan, cukup umur, tidak cacat dan tidak kurus.Cukup umur dapat dilihat kondisi gigi hewan : Sapi dan kerbau berumur di atas 2 tahun, ditandai  dengan sudah tumbuhnya lebih dari sepasang gigi tetap. Sedangkan domba dan kambing berumur di atas 1 th, ditandai dengan sudah tumbuhnya lebih dari sepasang gigi tetap.Tidak cacat : Tanduk lengkap (sepasang) dan tidak dipotong, buah zakar lengkap (2 buah) hewan tidak boleh dikebiri, kulit mulus : tidak ada luka/borok, tidak pincang.Tidak kurus dan bergizi baik :Sapi: melihat tulang rusuk dan otot di sekitar pantat. Pada hewan yang kurus, bayangan tulang rusuk terlihat jelas.Domba : tertutup bulu sehingga harus meraba daerah punggung. Jika teraba atau terasa sekali tulang punggung maka hewan tersebut kurus.

Masyarakat terkena dampak secara langsung terhadap kenaikan harga Bahan Bakar Minyak Tanah, karena uang yang kita miliki bukan hanya untuk membeli minyak tanah untuk memasak saja tapi untuk keperluan yang lain juga seperti : biaya anak sekolah dan lain-lain.

Dengan Bio Gas dapat meringankan masalah tersebut di atas khususnya di lingkungan peternak sapi.   Bio Gas adalah gas yang mudah terbakar yang diperoleh dari menguraikan senyawa-senyawa organik dalam biomassa sebagai akibat aktifitas micro organisme (Fermentasi pada kondisi tanpa udara / anaerobik).Bahan baku Bio Gas mudah kita dapatkan yaitu dari kotoran Ternak.

Dengan Teknologi sederhana kotoran sapi dapat diolah menjadi Gas yang dapat digunakan untuk memasak sebagai pengganti minyak tanah di lingkungan rumah tangga khususnya peternak sapi dan limbahnya sangat baik untuk dijadikan Pupuk KOMPOS