Log in Register

Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *
Captcha *
Reload Captcha

PENYULUHAN GEMAR MAKAN IKAN DI SD NEGERI I JUWORO

Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) adalah suatu gerakan moral untuk bisa memotivasi masyarakat secara luas untuk mengkonsumsi ikan secara teratur dalam jumlah yang diisyaratkan bagi kesehatan agar terbentuk manusia yang sehat, cerdas dan kuat. Gemarikan adalah merupakan program nasional yang diimplementasikan di tingkat pusat, daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

Di Kabupaten Grobogan Sosialisasi Gemarikan telah dimulai sejak tahun 2009 yang didukung dengan pendanaan dari APBD kabupaten. Program pada APBD Kab. Grobogan yang mendukung pelaksanaan Gemarikan adalah program optimalisasi pengolahan dan pemasaran produksi perikanan, dengan Kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Salah satu bentuk kegiatan Gemarikan di Kabupaten Grobogan adalah sosialisasi Gemarikan ke SD Negeri I Juworo kec. Geyer

Gerakan ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi ikan. Perlunya  mengkampanyekan gemarikan ini mulai dari anak TK,  dan  Sekolah Dasar. Melalui gerakan ini diharapakan adanya kesadaran, pelatihan dan pembiasaan.

Tingkat konsumsi ikan masyarakat Indonesia masih rendah yakni hanya 35 kilogram per kapita. Kondisi ini, menyebabkan rendahnya IQ masyarakat Indonesia dibanding negara Asia Tenggara lainnya. IQ rata-rata warga Indonesia masih dibawah rata-rata negara Asean. IQ rata-rata Indonesia, hanya sama dengan Laos dan Kamboja. Rendahnya konsumsi ikan akan berpengaruh ke IQ dan  tinggi badan. Hal ini dilihat  tinggi badan masyarakat Indonesia yang rendah sehingga dilakukan Sosialisasi Gemarikan.

Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten  Grobogan melakukan berbagai kegiatan untuk memperkuat. Usaha ini memang sudah mulai lama dilakukan di Kabupaten Grobogan yang langsung di Komando Bpk Ebi Hardi Sucahyo, S.Pi, MM Kepala Bidang Perikanan Kab Grobogan. Semua ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat di sekitar Kabupaten Grobogan. Dalam acara sosialisasi gemarikan Dinas memberikan produk olahan berbahan dasar Ikan , tas dan peralatan sekolah sebagai penunjang kegiatan tersebut

ikon telur 4

Peternakan

Pembinaan, pemantauan, pengawasan dan fasilitasi pembibitan, produksi dan budidaya ternak ruminansia dan non ruminansia.
ikon fish 4

Perikanan

Pembinaan, pemantauan, pengawasan kesehatan hewan, kesehatan masyarakat veteriner, pengolahan dan pemasaran hasil peternakan.
suntikan 3png

Kesehatan Hewan

Pembinaan, pemantauan, pengawasan dan pemberdayaan dan perijinan perikanan, perikanan tangkap dan perikanan budidaya.