Log in Register

Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *
Captcha *
Reload Captcha

PELATIHAN PEMBUATAN PAKAN FERMENTASI DENGAN MOL

Bertempat di salah satu kelompok  binaan Dinas peternakan dan perikanan kabupaten grobogan, di Desa Ngrandah, Kecamatan Torh, Kabupaten grobogan,kepala  UPTD Purwodadi, Toroh Geyer Bpk mardiyono sedang menyelanggarakan Program Pemberdayaan kelompok melalui Pengembangan Peternakan Ramah Lingkungan dengan memanfaatkan limbah perumahan dan pertanian.

Limbah pertanian mempunyai kelemahan terutama nilai nutrisinya rendah, serat kasar yang tinggi. Salah satu langkah yang dapat ditempuh untuk meningkatkan kualitas limbah pertanian sebagai pakan ternak dengan fermentasi menggunakan campuran MOL (Mikro Organisme Lokal).

Pemanfaatan limbah pertanian sebagai pakan ternak ruminansia tergolong masih kurang sehingga angka pemanfaatannya masih rendah, seperti jerami padi hanya berkisar 35-37% dan pucuk tebu berkisar 3-4%.

Produk limbah pertanian bisa berupa bahan berserat tinggi, yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pakan berserat (hijauan makanan ternak), antara lain seperti jerami padi, jerami jagung dan pucuk tebu (hasil ikutan) dari tanaman pertanian, perkebunan dan industrinya.

Namun hasil ikutan pertanian mempunyai kelemahan terutama nilai nutrisinya rendah, serat kasar yang tinggi. Selain itu, tingkat konsumsi dan kecernaan sisa hasil tanaman pertanian rendah dan tidak mencukupi untuk kebutuhan pokok sapi induk dan pertumbuhan sapi muda.

Salah satu langkah yang dapat ditempuh untuk meningkatkan kualitas limbah pertanian sebagai pakan ternak adalah dengan memanfaatkan bioteknologi, yaitu melalui fermentasi dengan menggunakan campuran MOL (Mikro Organisme Lokal), serta penambahan suplemen yang diperlukan oleh sapi.

Dengan melalui proses fermentasi sisa tanaman pertanian untuk dijadikan pakan akan mempermudah proses pencernaan di dalam tubuh ternak, karena produk fermentasi telah mengalami perombakan oleh mikroorganisme menjadi molekul yang lebih sederhana. Dengan demikian proses fermentasi terhadap limbah pertanian diharapkan mampu meningkatkan produktivitas ternak, yang mampu memberi sumbangan terhadap peningkatan kesejahteraan Kelompok.

ikon telur 4

Peternakan

Pembinaan, pemantauan, pengawasan dan fasilitasi pembibitan, produksi dan budidaya ternak ruminansia dan non ruminansia.
ikon fish 4

Perikanan

Pembinaan, pemantauan, pengawasan kesehatan hewan, kesehatan masyarakat veteriner, pengolahan dan pemasaran hasil peternakan.
suntikan 3png

Kesehatan Hewan

Pembinaan, pemantauan, pengawasan dan pemberdayaan dan perijinan perikanan, perikanan tangkap dan perikanan budidaya.