Log in Register

Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *
Captcha *
Reload Captcha

PAKAN DAN PEMBERIANNYA PADA TERNAK DOMBA

Pemberian pakan hijauan perlu diperhatikan imbangan antara rumput dan daun leguminosa dikaitkan dengan kondisi fisiologis ternak. Pakan bagi ternak domba ditinjau dari segi nutrisi merupakan salah satu unsur yang sangat penting dalam menunjang pertumbuhan, reproduksi, dan kesehatan ternak. Pemberian pakan yang baik adalah sesuai dengan kebutuhan nutris ternak dan jumlahnya disesuaikan dengan status fisiologis ternaknya. Nutrisi tersebut dapat dikelompokan menjadi energy,protein,mineral,vitamin, dan air.

Sumber energi terbesar untuk domba adalah hijauan dan biji-bijian serta hasil ikutannya. Bahkan pakan yang merupakan sumber protein antara lain pakan penguat seperti tepung ikan, bungkil kedele, bungkil kelapa, dan bungkil kacang tanah, dan leguminosa sperti daun turi, lamtoro,kaliandra dan glyricidia. Sebagai sumber mineral dapat ditambahkan garam atau mineral mix. Vitamin yang dibutuhkan ternak biasanya tersedia cukup dalam campuran bahan pakan. Kebutuhan air, agar ternak dapat minum setiap saat,sebaiknya di dalam kandang disediakan air bersih sepanjang waktu.

Domba merupakan ternak yang memerlukan bahan pakan berupa hijauan dalam jumlah besar, yaitu sekitar 90%. Pakan konsentrat atau pakan penguat hanya sebagian pakan tambahan saja. Berbagai jenis hijauan yaitu rumput (rumput alam, rumput gajah, setaria,rumput benggala,rumput raja, dan lain-lain).

Konsentrat atau pakan penguat terdiri dari biji-bijian yang digiling halus, seperti jagung, bungkil kelapa, bungkil kedele, dedak dan bekatul. Contoh campuran hijauan pakan dan susunan konsentrat (Sumber : Merkel dan Subandriyo,1997).

Campuran Hijauan pakan Domba untuk Kondisi Pedesaan : 1) Sedang tumbuh, rumput 60% Hijauan kacang-kacangan 40%; 2) Betina Dewasa, rumput 75% Hijauan kacang-kacangan 25%; 3) Betina bunting, rumput 60 % Hijauan kacang-kacangan 40%; 4) Betina menyusui, rumput 50% Hijauan kacang-kacangan 50%; 5) Pejantan Pemacek, rumput 75% Hijauan kacang-kacangan 25%

Susunan Konsentrat Ternak Domba Sedang tumbuh : 1) Jagung giling 42,0%; 2) Bungkil kedelai 25,0%; 3) Dedak halus 30,0%; 4) Tepung tulang 1,5%; 5) Garam 1,5%; 6) Jumlah pemberian/ekor/hari 200-250 gram. Domba Penggemukan Formula 1: 1) Jagung giling 62,5%; 2) Bungkil kedelai 15,0%; 3) Dedak halus 20,0%; 4) Tepung tulang 1,0%; 5) Garam 1,5%; 6) Jumlah pemberian/ekor/hari 300-400 gram. Formula 2 : 1) Garam 1,5%; 2) Ampas Tahu kering 98,5%; 3) Jumlah pemberian/ekor/hari 350 gram. Domba bunting/menyusui : 1) Jagung giling 52,0%; 2) Bungkil kedelai 12,5%; 3) Dedak halus 22,5%; 4) Tepung tulang 1,5%; 5) Garam 1,5%; 6) Jumlah pemberian/ekor/hari 200-250 gram.

Domba Pemacek/Aduan : 1) Jagung giling 40,0%; 2) Bungkil kedelai 7,5%; 3) Dedak halus 50,5%; 4) Tepung tulang 1,0%; 5) Garam 1,5%; 6) Jumlah pemberian/ekor/hari 250 gram

Keterangan :
Rumput/hijauan diberikan secara bebas.
Pemberian pakan pada ternak dapat dilakukan dengan cara digembalakan dan disediakan. Cara digembalakan ternak dilepas dipadang pengembalaan selama 6-8 jam sehari. Pakan untuk ternak yang dipelihara terus menerus dalam kandang diberikan dengan cara disediakan. Pakan yang diberikan terdiri dari hijauan, pakan penguat, dan garam atau Feed supplement. Jumlah pakan hijauan yang diberikan pada domba dewasa rata-rata 10% dari berat badan atau 4,5-5 kg/ekor/hari yang disajikan sedikit demi sedikit 2-3 kali sehari.

ikon telur 4

Peternakan

Pembinaan, pemantauan, pengawasan dan fasilitasi pembibitan, produksi dan budidaya ternak ruminansia dan non ruminansia.
ikon fish 4

Perikanan

Pembinaan, pemantauan, pengawasan kesehatan hewan, kesehatan masyarakat veteriner, pengolahan dan pemasaran hasil peternakan.
suntikan 3png

Kesehatan Hewan

Pembinaan, pemantauan, pengawasan dan pemberdayaan dan perijinan perikanan, perikanan tangkap dan perikanan budidaya.