FLU BURUNG /AVIAN INFLUENZA

Print

FLU BURUNG /AVIAN INFLUENZA

Penyakit flu burung atau Avian influensa (AI) merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus influensa Tipe A subtipe H5N1 dari family Orthomyxoviridae yang menyerang burung/unggas/ayam. Penyakit ini bersifat zonosis yang selain dapat menular dari unggas ke unggas lain dapat pula menular dari unggas ke manusia.

GEJALA PENYAKIT

Gejala klinis yang sering ditemukan pada ayam/unggas yang terjangkit flu burung, antara lain:

Pada itik atau bebek gejala klinis yang tampak berbeda dengan ayam yaitu :

PENYEBARAN DAN PENULARAN

Penularaan AI dari kontak langsung dengan unggas sakit dan secara langsung dengan unggas sakit dan tidak secara langsung melalui :

PENCEGAHAN,PENGENDALIAN DAN PEMBERANTASAN

Prinsip dasar yang diterapkan dalam pencegahan, pengendalian, dan pemberantasan avian Influensa atau flu burung ini adalah :

GEJALA PADA MANUSIA

Virus flu burung yang pada awalnya diketauhi hanya bisa menular antara sesama unggas. Menciptakan mutasi baru yang dapat menyerang manusia. Mutasi virus ini dapat menginfeksi manusia yang berkontak langsung dengan  unggas yang terinfeksi. Manusia yang memiliki resiko tertular tinggi adalah anak anak karena memiliki daya tahan tubuh yang lebih lemah.pekerja peternakan unggas, penjual dan pembeli unggas, serta pemilik unggas pemiliharaan rumahan.

Gejala seseorang terkena Flu burung dengan ciri ciri :

Mengingat gejala flu burung mirip dengan flu biasa, maka tidak ada yang bisa membedakan flu burung dengn flu biasa.jika ada penderita yang batuk, pilek dan demam yang tidak kunjung turun, maka disarankan untuk segera mengunjungi dokter atau rumahsakit terdekat