Log in Register

Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *
Captcha *
Reload Captcha

Gerimis Telur dan Daging

Kegiatan kampanye konsumsi Pangan Asal Hewan (PAH) yang Aman, Sehat, Utuh, dan Halal (ASUH) komoditas Peternakan yang dilaksanakan oleh Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kab. Grobogan mulai dilaksanakan di SD Negeri 1 Ngeluk Kecamatan Penawangan Kabupaten Grobogan pada tanggal 24 Oktober 2019 semua siswa diberikan makanan olahan hasil Peternakan (Telur, Daging, Susu) dan satu paket alat tulis. Kegiatan ini rencananya akan diselenggarakan di beberapa Sekolah terutama Sekolah Dasar.

Read more ...

349 Siswa SD N 1 dan 2 Karangasem Ikuti Kampanye GEMARIKAN

Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Grobogan bekerja sama dengan TP. PKK Kabupaten Grobogan mengadakan kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) untuk siswa-siswi SD Negeri 1 dan 2 Karangasem, Kec. Wirosari, Selasa (22/10/2019). Senam Ayo Makan Ikan dari 349 siswa-siswi SD N 1 dan 2 Karangasem menyemarakkan kegiatan Kampanye Gemarikan.

Kepala SD N 1 Karangasem, Dwi Listyo Indriati, S.Pd. SD mengatakan, mengaku senang dengan adanya kampanye Gemarikan tersebut. Menurutnya, dengan adanya kampanye dan sosialisasi untuk para siswa/siswa ini tentu akan dapat memahami pentingnya konsumsi ikan sehari-hari.

“Hampir setiap satu minggu dua kali saya juga masak ikan seperti ikan mas goreng, ikan bandeng, dan ikan nila. Makanya dengan adanya kampanye ini sangat senang, mudah-mudahan ini rutin ya,” ujarnya

Peningkatan konsumsi ikan sejak dini menjadi penting. Hal tersebut karena kandungan gizi pada ikan mampu mengatasi masalah hambatan pertumbuhan (stunting) yang melanda di beberapa daerah di Indonesia. Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu cukup lama akibat pemberian makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi. Stunting terjadi mulai janin masih dalam kandungan dan baru nampak saat anak berusia dua tahun.

 

GEMARIKAN (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) di SD N 2 Rambat, Kec. Geyer

Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Grobogan bekerja sama dengan TP. PKK Kabupaten Grobogan mengadakan kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) untuk siswa-siswi SD Negeri 2 Rambat, Kecamatan Geyer, Kamis (17/10/2019). Acara GEMARIKAN dihadiri oleh Camat Geyer, TP. PKK Kecamatan, Korwil Pendidikan Kecamatan Geyer, Kepala Desa Rambat, TP. PKK Desa Rambat (Unsur Pokja III) 10 orang anggota, Komite SD N 2 Rambat serta Dewan Guru dan siswa-siswi SD N 2 Rambat.

Kepala Bidang Perikanan Disnakkan Kabupaten Grobogan, Ebi Hardi Sucahyo, S.Pi., M.M menyampaikan, kegiatan Gemarikan merupakan sosialisasi sekaligus mengajak untuk gemar makan ikan sejak dini. Gemarikan merupakan gerakan moral yang memotivasi masyarakat untuk mengkonsumsi ikan.

“Nilai protein ikan sangat tinggi. Ikan mengandung protein lebih lengkap dibanding dengan protein hewani lainnya‎. Protein ikan sangat berguna untuk pertumbuhan badan, mempertahankan dan memelihara kesehatan tubuh, serta mencerdaskan otak", dalam sambutannya.

Selain itu, rangkaian kegiatan Gemarikan tersebut diisi pula dengan kuis, menyanyikan lagu-lagu berkaitan dengan makan ikan, hingga makan ikan bersama. Serta, siswa-siswi peserta sosialisasi mendapatkan bantuan Tas ransel untuk sekolah.

apa itu zoonosis?

Mau tau nggak apa itu zoonosis?
Zoonosis atau penyakit zoonotik adalah penyakit yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia ataupun sebaliknya. Zoonosis disebabkan oleh mikroorganisme parasit yang dapat berupa bakteri, virus, jamur, serta parasit seperti protozoa dan cacing. Penularan dapat melalui 3 cara yaitu langsung, tidak langsung dan konsumsi.

Penularan melalui kontak langsung dapat terjadi dengan cara kontak dengan hewan terinfeksi, tergigit, terkena air liur dan kotoran hewan serta cairan yang keluar dari hewan tersebut. Sedangkan penularan tidak langsung dapat melalui perantara, baik artropoda yang bertindak sebagai vektor, air dan juga tanah. Selain kedua cara tersebut penularan juga dapat melalui konsumsi produk asal hewan terinfeksi yang masih mengandung bibit penyakit.

Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat yaa https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/t7f/1/16/1f60a.png?_nc_eui2=AeFFbxo2nnCrm6ql9uf3EJ1oEi5UUn8YE7zbU4csaFPT7giJT6uZKXTtKFtS_xp4TH-_zvHTb-YX8V9aukC9aAm448XaKvUB2hULnawS9Y5Z0Q")">😊

ikon telur 4

Peternakan

Pembinaan, pemantauan, pengawasan dan fasilitasi pembibitan, produksi dan budidaya ternak ruminansia dan non ruminansia.
ikon fish 4

Perikanan

Pembinaan, pemantauan, pengawasan kesehatan hewan, kesehatan masyarakat veteriner, pengolahan dan pemasaran hasil peternakan.
suntikan 3png

Kesehatan Hewan

Pembinaan, pemantauan, pengawasan dan pemberdayaan dan perijinan perikanan, perikanan tangkap dan perikanan budidaya.