Log in Register

Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *
Captcha *
Reload Captcha

Rumput Unggul Pakan Ternak

Ternak ruminansia perlu hijauan lebih dari 60 % dari seluruh makanan yagdikonsumsi setiap hari. Oleh karena itu penyedian pakan hijauan yang cukup  berkualitas tinggi merupakan prioritas utama dalam menunjang keberhasilan  suatu usahakan peternakan . sumber hijauan pakan ternak ruminansia yang umumnya dipergunakan  adalah rumput.

berikut ini jenis- jenis rerumputan yang dapat disarankan dijadikan makanan ternak :

1Andropogon gayanus, (gambar) ciri-cirinya rerumputan yang tumbuh tinggi, cocok untuk hijauan potongan,tetap hijau pada musim kemarau. Rerumputan ini dapat tumbuh subur pada tanah yang bersifat asam dan tidak subur, dan harus rajin memanennya karena batangnya bisa mengeras. rumput diperbanyak melalui Pols



 

2Brachiaria Decumbens, (Basilisk) ciri-cirinya tumbuhnya tegak, rumput yang sangat cocok untuk padang pengembalaan karena tahan dipijak.dapat tumbuh segala jenis tanah dan tetap hijau walaupun sedang kemarau, rumput ini ditanam pols

 

 

 

3Brachiaria Humidicola, (Tully dan Ilanero) ciri-cirinya rumput merambat kuat dan sangat cocok ditanam ditepi-tepi benteng atau tepi jurang karena dapat menahan erosi, sangat cocok untuk rumput pengembalaan dan dapat tumbuh dengan subur ditanah yang kurang subur dan sering tergenang air ringan, rumput ini nilai gizinya rendah. cara menanamnya menggunakan stolon




 

4Brachiaria Ruziziensis, (Ruzi) ciri-cirinya tubuh tegak dan menghasilkan biji,  dapat diperbanyak dengan biji dan pols. tanaman ini harus ditanam ditanah yang subur agar dapat tumbuh dengan baik.Rumput ini juga merupakan pakan berkualitas tinggi dan harus di pupuk agar menghasilkan tanaman yang baik. Tanaman ini akan mati jika terjadi kemarau yang panjang.








5Panicum Maximum, (Si Muang) ciri-cirinya rumputnya tumbuh tegak, tinggi dan kuat makanya harus dipotong terdahulu baru diberikan pada ternak ,hal ini dilakukan untuk menghindari banyaknya rumput terbuang ketika dimakan. tidak dapat tumbuh dengan baik ditanah yang kurang subur, makanya harus dipupuk. tanaman ini akan mati jika mengalami kemarau yang panjang. Dan rumput ini termasuk salah satu pakan berkualitas.

 

 

6Paspalum Atratum, (Terenos) ciri-cirinya rumputnya dapat tumbuh sampai 1 setengah meter, berumpun, tidak berbatang, pinggiran daunnya sangat tajam dan sangat cocok untuk rumput potong. rumput  paspalum ini termasuk pakan berkualitas dan tahan terhadap tanah yang kurang subur dan rendah genangan. dapat dikembangkan dengan pols.








7Pennisetum Purpureum, (Napier,Mott,King) ciri-cirinya tumbuh tegak,berbatang kuat, berumpun, dapat tumbuh sampai 4 meter, agak berbulu tumbuh didaun dan dibatang. Harus ditanam ditanah yang subur dan diberikan pupuk setelah pemanenan. diperbanyak melalui stek dan termasuk pakan berkualitas tinggi.







 

 

 

8Setaria Sphacela, (Lampung) ciri-cirinya tumbuh tegak, tumbuh baik di daerah dingin dan tanah yang kurang subur. dikembangkan dengan pols dan sangat disukai ternak.












 

LEGUM

 

9Arachis Pintoi, (Amarillo&Itacambira) legum yang tumbuh rendah dan tahan terhadap pijakan dan cocok untuk padang pengembalaan, dapat tumbuh didaerah teduh matahari dan termasuk tanaman bernutrisi tinggi dan dikembangkan dengan stek. Tanaman ini tidak tahan terhadap kemarau panjang




10Calliandra Calothyrsus, (Besakih) Legum berbentuk pohon dan tumbuh baik didaerah dingin, Produksi daun tinggi bila dipotong secara teratur, hanya disukai ternak bila keadaannya segar. Dikembangkan melalui biji dan pertumbuhan melalui biji sangat lambat.








 

11Centrosema Pubescens, (Barinas) Legum yang tumbuh menjalar, baik untuk mencegah gulma. dapat tumbuh baik dengan rumput lainnya. diperbanyak dengan biji.




12Desmanthus Virgatus, (Chaland) legum semak yang tumbuh subur pada tanah liat, merupakan pakan berkualitas tinggi. Digunakan setelah dijadikan tepung dan diperbanyak melalui biji.

 

 

 

 

Manfaat Leguminosa selain sebagai pakan ternak :

  • Untuk pakan atau sebagai “protein Bank”
  • Dapat menekan pertumbuhan gulma yang lebih rendah seperti alang – alang
  • Sebagai tanaman penahan eros dan penyubur tanah
  • Kayunya dapat digunakan bahan baku industri kayu pulp dan kayu bakar
  • Daun dan ranting untuk pakan ternak
ikon telur 4

Peternakan

Pembinaan, pemantauan, pengawasan dan fasilitasi pembibitan, produksi dan budidaya ternak ruminansia dan non ruminansia.
ikon fish 4

Perikanan

Pembinaan, pemantauan, pengawasan kesehatan hewan, kesehatan masyarakat veteriner, pengolahan dan pemasaran hasil peternakan.
suntikan 3png

Kesehatan Hewan

Pembinaan, pemantauan, pengawasan dan pemberdayaan dan perijinan perikanan, perikanan tangkap dan perikanan budidaya.