Log in Register

Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *
Captcha *
Reload Captcha

ITIK PMp Bibit Itik Pedaging Unggulan Lokal

ITIK PMp :   merupakan bibit itik tipe pedaging baru yang dikembangkan oleh Balai Penelitian Ternak di Ciawi-Bogor. Bibit itik ini secara genetis mengandung kombinasi darah itik Peking dan itik Mojosari putih, dan diharapkan dapat memenuhi kebutuhan konsumen dari tingkat bawah sampai atas dan dapat diproduksi lokal. Itik ini dapat digunakan untuk menghasilkan karkas ukuran sedang ataupun besar, sesuai permintaan konsumen, dengan kualitas daging itik yang tinggi. Adanya bibit itik yang baru ini diharapkan dapat mengurangi penggunaan itik tipe petelur dalam penyediaan daging itik yang dapat berakibat pada terjadinya pengurasan sumberdaya genetik itik petelur. Selain itu, dalam upaya memenuhi kebutuhan daging itik, adanya itik PMp ini juga merupakan substitusi daging itik impor.

Karakteristik produksi ITIK PMp :

  1. Warna bulu putih, sehingga warna kulit karkas juga bersih dan cerah
  2. Bobot badan 2-2,5 kg pada umur 10 minggu
  3. Jika dikawinkan dengan entog jantan dapat digunakan untuk menghasilkan itik serati dengan bobot badan 3 kg atau lebih pada umur 10 minggu
  4. Umur pertama bertelur 5,5 – 6 bulan
  5. Rataan produksi telur 6 bulan 73 – 78 %

Kehadiran itik PMp ini dapat sebagai alternatif bagi peternak sebagai penyediaan daging dan telur unggas, selain ayam dan potensial dikembangkan oleh penangkar bibit unggas.

Adanya bibit itik ini diharapkan dapat mengurangi penggunaan itik tipe petelur dalam penyediaan daging itik yang dapat berakibat pada terjadinya pengurasan sumber daya genetik itik petelur. Selain itu, dalam upaya memenuhi kebutuhan daging itik, adanya itik PMp ini juga merupakan substitusi da-ging itik impor.

Itik PMp baik dibibitkan dalam dua kali siklus produksi yang berarti dua tahun. Itik PMp dengan manajemen budi daya yang baik dapat bertelur selama 10 sampai 12 bulan tanpa henti. Setelah itik mengalami rontok bulu, produksi telur menurun 5 - 10% saja, namun setelah tumbuh bulu itik dapat bertelur lagi. 

Untuk pembibitan itik PMp, sebaiknya menggunakan perbandingan pejantan dan betina 1: 4 atau 1:6. Apabila digunakan sebagai itik pedaging, itik PMp sebaiknya dipotong pada umur 10 sampai 12 minggu karena bulu halus sudah habis sehingga karkas dapat lebih bersih dari bulu. Standar bobot DOD yang akan digunakan sebagai indukan adalah 45 sampai 50 gram. 

ikon telur 4

Peternakan

Pembinaan, pemantauan, pengawasan dan fasilitasi pembibitan, produksi dan budidaya ternak ruminansia dan non ruminansia.
ikon fish 4

Perikanan

Pembinaan, pemantauan, pengawasan kesehatan hewan, kesehatan masyarakat veteriner, pengolahan dan pemasaran hasil peternakan.
suntikan 3png

Kesehatan Hewan

Pembinaan, pemantauan, pengawasan dan pemberdayaan dan perijinan perikanan, perikanan tangkap dan perikanan budidaya.