Log in Register

Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *
Captcha *
Reload Captcha

Domba Komposit Garut Agrinak

Domba merupakan salah satu ternak ruminansia kecil yang mempunyai peran ganda bagi masyarakat Indonesia, baik dari segi teknis dan ekonomi maupun sosial, budaya, serta ritual keagamaan. Dalam pasokan daging nasional, domba dan kambing merupakan pemasok keempat terbesar setelah unggas, sapi, dan babi.

"Domba Komposit Garut Agrinak dengan komposisi genetik 25% domba St. Croix, 25% domba M. Charollais, dan 50% domba Garut cocok untuk dikembangkan sebagai domba komersial karena  lebih produktif dibanding domba lokal dan dapat beradaptasi pada berbagai kondisi agroekosistem.

Bahkan pengembangan domba komposit dapat dilakukan secara terintegrasi dengan usahatani tanaman pangan, hortikultura, perkebunan atau kehutanan dengan memanfaatkan bibit unggul dan inovasi teknologi Balitnak, hijauan maupun produk samping usahatani pertanian

"Domba persilangan ini bertujuan untuk membentuk domba potong yang membawa sifat unggul dari para tetuanya, dengan laju pertumbuhan bobot badan pra sapih dan pasca sapih yang relatif cepat dan mampu beradaptasi dengan baik dilingkungan tropis lembab,"

Ciri – ciri Domba Komposit Garut Agrinak 

Untuk sifat kualitatif pada domba dewasa, warna tubuh pada domba KG tidak berbeda antara jantan dan betina. Umumnya berwarna putih serta bintik coklat sekitar hidung, mata dan kaki. Pola warna tubuh dominan warna putih dan tan (coklat pucat). 

Penyebaran belang yaitu wild dan tan sebanyak 65,7 %, wild sebanyak 17,4 %, badgerface sebanyak 14,6 %, light badgerface sebanyak 0,6 % serta black dan tan sebanyak 1,7 % yang ditemukan pada lokus Agouti. “Warna tubuh dominan umumnya putih atau tan serta bintik cokelat pada hidung, lingkar mata dan bagian kaki tidak ditemukan pada domba Garut,” sebutnya. 

Warna kepala dominan putih dengan bentuk profil muka agak cembung dengan hidung melebar. Bentuk badan yaitu oval, silinder atau bulat dan tegap, garis punggung lurus. Telinga mempunyai ciri medium condong kearah depan. “Tanduk berbentuk kecil sampai sedang pada jantan, sementara betina tidak bertanduk,”

ikon telur 4

Peternakan

Pembinaan, pemantauan, pengawasan dan fasilitasi pembibitan, produksi dan budidaya ternak ruminansia dan non ruminansia.
ikon fish 4

Perikanan

Pembinaan, pemantauan, pengawasan kesehatan hewan, kesehatan masyarakat veteriner, pengolahan dan pemasaran hasil peternakan.
suntikan 3png

Kesehatan Hewan

Pembinaan, pemantauan, pengawasan dan pemberdayaan dan perijinan perikanan, perikanan tangkap dan perikanan budidaya.