Log in Register

Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *
Captcha *
Reload Captcha

BUDIDAYA AYAM KAMPUNG

Budidaya ayam kampung : cukup tidak sulit diterapkan. Apalagi, tidak seperti ayam petelur atau pedaging, ayam kampung biasanya berkembang biak secara normal tanpa perlunya banyak perawatan atau menggunakan zat-zat tertentu untuk memperbanyak jumlahnya.

Mereka melakukan perkawinan dan bertelur untuk mendapatkan keturunan. Dikarenakan ayam kampung berkembang biak secara alamiah, maka daging dan telur dari ayam kampung lebih baik dari ayam petelur dan ayam pedaging.

Gizi yang dihasilkan dari daging dan telur dari ayam kampung lebih tinggi dibandingkan dengan ayam jenis lainnya. Hal ini karena ayam kampung menghasilkan gizi tersebut dari makanan yang tidak tercampur oleh zat-zat kimia. Tentunya dalam hal juga tergantung pemeliharaan ayam kampung yang kamu terapkan.

Cara beternak ayam kampung yang benar dapat memberikan kualitas baik, sehat, dan ayam kampung dapat menghasilkan telur dan daging yang bergizi. Kamu bisa menerapkan beberapa cara dalam memelihara ayam kampung yang cukup mudah dilakukan

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebagai cara beternak ayam kampung. Mulai dari faktor kandang, kebersihan, hingga makanannya. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai cara berternak ayam kampung:

Jaga Kebersihan Kandang

Kandang ayam kampung harus selalu dibersihkan setiap waktu. Hal ini bertujuan agar ayam kampung tidak mudah terserang penyakit dan juga kuman yang bisa menghambat pertumbuhan atau proses berkembang biaknya. Kamu bisa memanfaatkan kotoran dari ayam ini untuk dijadikan pupuk kandang pada tanaman.

Perhatikan Makanan

Meskipun ayam kampung bisa diberi makan sembarangan dan terkadang mereka bisa mencarinya sendiri. Alangkah baiknya untuk tetap memberikan mereka makan secara teratur dan memberikan makanan yang menyehatkan. Sesekali memberikan vitamin juga diperlukan agar ayam kampung bisa terhindar dari segala jenis penyakit.

Memilih Indukan yang Sehat

Hal yang perlu diperhatikan sebagai cara beternak ayam kampung selanjutnya adalah dalam memilih indukan. Pilihlah indukan ayam kampung yang sehat, sehingga dapat menghasilkan keturunan yang sehat pula. Indukan ayam kampung yang baik dapat dilihat dari postur tubuhnya, dan seberapa sering berkembang biak atau kawin.

Memelihara Anakan

Kamu juga harus memperhatikan saat memelihara anakan ayam kampung. Sebaiknya pisahkan anak ayam dari ayam-ayam lain yang sudah dewasa. Hal ini bertujuan agar proses pertumbuhannya tidak terganggu karena kalah saing dengan ayam dewasa lainnya.

Menjual Ayam kampung

Ini adalah bagian yang ditunggu-tunggu peternak dalam beternak ayam kampung, yaitu menjual hasil ternaknya. Sebenarnya bukan hanya ayam saja yang bisa dijual, namun telur dari ayam kampung juga bisa dijual karena memiliki khasiat dan kandungan gizi yang lebih tinggi.

Jual ayam kampung yang jarang berkembang biak atau bertelur, jangan menjual indukan ayam kampung yang memiliki kualitas yang bagus.

Itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam pelaksanaan cara beternak ayam kampung.

ikon telur 4

Peternakan

Pembinaan, pemantauan, pengawasan dan fasilitasi pembibitan, produksi dan budidaya ternak ruminansia dan non ruminansia.
ikon fish 4

Perikanan

Pembinaan, pemantauan, pengawasan kesehatan hewan, kesehatan masyarakat veteriner, pengolahan dan pemasaran hasil peternakan.
suntikan 3png

Kesehatan Hewan

Pembinaan, pemantauan, pengawasan dan pemberdayaan dan perijinan perikanan, perikanan tangkap dan perikanan budidaya.