Log in Register

Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *
Captcha *
Reload Captcha

Mempercepat Kambing Betina Birahi

Peternakanku- Salah satu syarat untuk mengawinkan Kambing adalah induk Kambing telah mengalami birahi. Induk betina birahi selama 30-40  jam dan perkawinan baru bisa dilakukan sehari setelah birahi terjadi. Ternyata, ada trik khusus untuk memancing kambing betina birahi.

Trik tersebut sering digunakan oleh peternak Kambing untuk menyerempakkan masa birahi sehingga proses perkawinan bisa dilangsungkan sekaligus dengan beberapa induk Kambing. Jadi, peternak mampu mengatur produktivitas induk sehingga induk-induk betina dapat menghasilkan anak-anak kambing dengan umur sebaya.

Ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk merangsang kambing betina birahi secara bersamaan. Simak ulasannya di bawah ini!

Menggunakan hormon

Hormon dapat disuntikkan ke tubuh kambing, dicampur dengan pakan penguat, atau dimasukkan ke vulva. Hormon yang digunakan adalah progesterone dan prostaglandin. Namun, tidak semua  Kambing bisa diberikan hormon, peternak harus memerhatikan kondisi kesehatan induk Kambing terlebih dahulu. Pastikan Kambing telah melewati masa pascamelahirkan atau sekitar tiga bulan setelah melahirkan.

Merangsang dengan pejantan

Kambing  jantan yang dimasukkan ke kelompok betina kemungkinan besar dapat menyebabkan betina birahi secara serempak. Namun, Kambing jantan tersebut harus dipelihara secara terpisah terlebih dahulu. Jika jantan sudah dipelihara di dalam satu kandang bersama betina, mustahil dapat terjadi birahi secara serempak.

Kehadiran pejantan yang secara tiba-tiba ke dalam kandang dapat membuat rangsangan fisiologis dalam bentuk proses perilaku reproduksi, seperti aktivitas birahi dan ovulasi. Rangsangan tersebut biasanya berasal dari bau, suara, dan fisik pejantan.

Metode inseminasi buatan

Metode ini terbilang cukup rumit karena memerlukan peralatan yang canggih dan mahal. Namun, hasil dari metode ini terbilang lebih ekonomis dibanding metode pemberian hormon karena alat tersebut bisa digunakan untuk ratusan Kambing  tanpa memerlukan tambahan biaya lagi. Berbeda dengan hormon, peternak harus menyediakan hormon sesuai dengan jumlah induk kambing  yang akan dirangsang.

ikon telur 4

Peternakan

Pembinaan, pemantauan, pengawasan dan fasilitasi pembibitan, produksi dan budidaya ternak ruminansia dan non ruminansia.
ikon fish 4

Perikanan

Pembinaan, pemantauan, pengawasan kesehatan hewan, kesehatan masyarakat veteriner, pengolahan dan pemasaran hasil peternakan.
suntikan 3png

Kesehatan Hewan

Pembinaan, pemantauan, pengawasan dan pemberdayaan dan perijinan perikanan, perikanan tangkap dan perikanan budidaya.