Pemberian pakan kelinci

Print

Peternakanku- Pakan kelinci yang diberikan harus mengandung nutrisi yang lengkap seperti air maksimal 12 persen, protein 12-18 persen, lemak maksimal 4 persen, serat kasar maksimal 14 persen, kalsium 1,36 persen, dan fosfor 0,7 persen. Namun, nutrisi yang lengkap harus diberikan dengan cara yang benar agar dapat bekerja secara efektif. Memberi pakan kelinci harus disesuaikan dengan umurnya.

Kelinci yang masih kecil atau berumur di bawah empat bulan sebaiknya tidak diberikan terlalu banyak hijauan. Hijauan hanya diberikan sekitar 20 persen dari total ransum. Sementara itu, kelinci dewasa sudah bisa diberikan hijauan sebanyak 60 persen dari total ransum. Ransum kelinci bisa diberikan secara tidak terbatas. Namun, umumnya jumlah hijauan yang boleh diberikan sekitar seperlima dari bobot badan kelinci.

Hijauan yang diberikan pada kelinci harus dalam keadaan tidak terlalu basah atau sudah menjelang layu tapi tidak terlalu kering juga. Kelinci mudah kaget dengan perubahan kondisi pakan. Oleh karena itu, sebaiknya berikan pakan secara konsisten untuk mencegah kelinci kaget.

Pakan hijauan diberikan pada pukul 13:00 dan pukul 18:00. Hijauan yang diberikan pada sore hari bisa diatur lebih banyak 20-30 persen dibandingkan porsi hijauan untuk pagi hari.

Kelinci juga perlu diberikan pakan pelet. Satu ekor kelinci biasanya membutuhkan pelet sebanyak 1 kg/hari. Pakan pelet diberikan di pagi hari, sekitar pukul 10:00.

Jangan lupa untuk memberikan air minum agar kelinci bisa langsung minum setelah selesai menyantap pakan. Pemberian air minum harus dilakukan sesering mungkin agar kelinci bisa minum kapan saja.

Air minum yang digunakan harus air yang sudah steril dan bebas bibit penyakit. Air yang akan diberikan harus direbus terlebih dahulu agar terbebas dari bakteri merugikan seperti E. coli. Jika Anda sering mendengar bahwa kelinci tidak terlalu membutuhkan air karena kandungan air di dalam rumput terbilang tinggi, anggapan tersebut keliru karena semua makhluk hidup membutuhkan air.

Agar pertumbuhan kelinci lebih maksimal, Anda bisa menambahkan vitamin B komplek dan vitamin C. Vitamin tersebut berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh kelinci sehingga kelinci tidak mudah terserang penyakit.