Log in Register

Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *
Captcha *
Reload Captcha

Ayam Kampung Petelur

Peternakanku- Ayam kampung terkenal sebagai penghasil daging dan telur yang banyak diminati oleh konsumen. Permintaan telur ayam kampung yang tinggi bisa dipenuhi dengan ternak ayam petelur. Untuk mengubah ayam kampung biasa menjadi ayam petelur adalah dengan menerapkan sistem pengandangan yang intensif.

Selama ini ayam kampung lebih sering dirawat dalam kandang ekstensif, yakni kandang yang digunakan hanya saat hujan dan malam hari, selebihnya ayam diumbar begitu saja di pekarangan.

Ada juga peternak ayam kampung yang menerapkan sistem kandang semi-intensif, yaitu kandang dengan halaman umbaran agar ayam yang dikandangi tetap bisa beraktivitas di bagian umbaran.

Sistem kandang yang digunakan bergantung pada tahapan perkembangan ayam. Jika Anda memulai usaha dengan membeli induk ayam, Anda membutuhkan tiga jenis kandang, yaitu kandang induk penghasil bibit, kandang DOC hingga ayam berumur 3 bulan, dan kandang baterai.

Induk ayam penghasil telur tidak bisa dipelihara di dalam kandang baterai agar bisa melangsungkan perkawinan dengan pejantan. Oleh karena itu, induk memerlukan kandang khusus.

Jika usaha dimulai dari telur tetas atau DOC, Anda memerlukan kandang DOC dan kandang baterai. Jika usaha dimulai dari bibit dara, Anda hanya memerlukan kandang baterai untuk mempersiapkan ayam dara tersebut bertelur.

Lokasi kandang sebaiknya jangan terlalu jauh dari rumah, maksimal sekitar 10 meter dari rumah. Hal ini bertujuan memudahkan proses pemeliharaan dan menghemat ongkos jalan pekerja. Jika sewaktu-waktu terjadi hal penting, pekerja bisa langsung datang ke kandang.

Kandang yang digunakan harus mendapatkan sinar matahari secara cukup. Sinar matahari sangat berguna untuk membunuh bibit penyakit dan kutu yang berkembang biak di dalam kandang. Oleh karena itu, kandang perlu dibangun dari arah timur ke barat.

Sirkulasi udara di dalam kandang harus baik agar kandang bisa mendapatkan angin atau udara segar untuk menghilangkan bau busuk. Dengan begitu, kondisi kesehatan ayam bisa lebih terjaga.

Kebersihan di luar kandang juga perlu diperhatikan. Areal kandang perlu dibersihkan secara rutin, seperti kotoran yang terjatuh ke bawah kandang. Kotoran tersebut dapat dikumpulkan untuk diolah kembali menjadi pupuk tanaman.

ikon telur 4

Peternakan

Pembinaan, pemantauan, pengawasan dan fasilitasi pembibitan, produksi dan budidaya ternak ruminansia dan non ruminansia.
ikon fish 4

Perikanan

Pembinaan, pemantauan, pengawasan kesehatan hewan, kesehatan masyarakat veteriner, pengolahan dan pemasaran hasil peternakan.
suntikan 3png

Kesehatan Hewan

Pembinaan, pemantauan, pengawasan dan pemberdayaan dan perijinan perikanan, perikanan tangkap dan perikanan budidaya.