Log in Register

Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *
Captcha *
Reload Captcha

Cara Menghemat Pakan Ikan Lele

Pakan menjadi kebutuhan utama yang harus dipenuhi setiap hari. Anggaran untuk pakan juga terbilang cukup besar sehingga dapat memengaruhi harga jual ikan lele. Sebenarnya, biaya operasional Pakan Ikan Lele bisa diperkecil dengan melakukan penghematan pada pakan. Dengan menghemat, Anda bisa meminimalisir pakan yang terbuang sia-sia karena tidak dimakan oleh ikan.

Cara menghemat pakan ikan lele sebenarnya juga sangat mudah. Anda hanya perlu menyesuaikan jenis pakan, kandungan nutrisi, waktu pemberian pakan, dan cara pemberian pakan.

Berikut ini tips jitu menghemat pakan ikan lele.

Jenis pakan                               

Pakan yang diberikan harus disesuaikan dengan umur ikan lele. Kesesuaian pakan tersebut dapat menjamin pertumbuhan ikan menjadi lebih optimal karena ikan lele bisa melahap semua pakan yang diberikan. Jika benih yang ditebar berukuran 5—6 cm, pakan yang bisa diberikan berdiameter 2 mm. Setelah 3—4 minggu pemeliharaan, diameter pakan diperbesar menjadi 3 mm.

Kandungan nutrisi

Banyak merek pakan lele yang beredar di pasaran. Anda bisa memilih merek pakan berdasarkan kandungan nutrisi yang disesuaikan dengan fase pertumbuhan ikan. Lele yang masih berada di fase larva membutuhkan protein sebesar 40 persen. Sementara itu, lele yang sudah masuk masa pembesaran membutuhkan protein minimal sekitar 30 persen.

Waktu pemberian pakan

Jumlah pakan yang diberikan tiap harinya sekitar 5 persen dari bobot total lele. Volume tersebut bisa menurun saat musim hujan menjadi 3 persen dari bobot total. Pemberian pelet dilakukan sebanyak 2 kali sehari, yaitu pada pagi hari pukul 08:00 dan sore hari pukul 16:00. Akan tetapi, pakan juga dapat diberikan sebanyak tiga kali, yaitu pukul 08:00, 13:00, dan 17:00.

Cara memberikan pakan

Pemberian pakan ikan lele tidak boleh dilakukan sembarangan. Untuk pakan apung, pemberiannya harus disemprot dengan air terlebih dahulu. Caranya, dengan menyemprot sedikit air ke dalam pakan, tapi jangan sampai terlalu basah. Selanjutnya, aduk hingga rata dan biarkan selama 10—15 menit hingga pakan sudah terasa empuk. Setelah itu, pakan baru bisa diberikan ke ikan. Pemberian diberikan secara langsung atau sedikit demi sedikit agar saat ikan kenyang tidak ada pakan yang tersisa.

Sementara itu, untuk pelet tenggelam boleh langsung diberikan secara sedikit demi sedikit hingga ikan kenyang yang ditandai dengan gerakannya yang melambat.

ikon telur 4

Peternakan

Pembinaan, pemantauan, pengawasan dan fasilitasi pembibitan, produksi dan budidaya ternak ruminansia dan non ruminansia.
ikon fish 4

Perikanan

Pembinaan, pemantauan, pengawasan kesehatan hewan, kesehatan masyarakat veteriner, pengolahan dan pemasaran hasil peternakan.
suntikan 3png

Kesehatan Hewan

Pembinaan, pemantauan, pengawasan dan pemberdayaan dan perijinan perikanan, perikanan tangkap dan perikanan budidaya.