Log in Register

Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *
Captcha *
Reload Captcha

Domba Asli Indonesia

Keberadaan domba dapat dikategorikan ke dalam bangsa-bangsa yang umumnya berbeda antara satu tempat dan tempat yang lain. Itu sebabnya ada kategori domba Indonesia dan domba non-Indonesia. Berikut ini beberapa jenis domba yang termasuk bangsa domba Indonesia.

Domba asli Indonesia

Domba asli Indonesia lebih sering disebut dengan domba kampung atau domba lokal. Umumnya, domba lokal Indonesia memiliki ciri-ciri berupa ukuran badannya yang kecil dan pertumbuhan menjadi dewasa relatif lebih lambat. Ciri lain terlihat pada warna bulu dan tanda-tanda lain yang cenderung tidak seragam. Karkas yang dihasilkan dari domba asli Indonesia terbilang rendah.

Domba ekor gemuk

Domba ekor gemuk banyak tersebar di Jawa Timur, Madura, Lombok, dan Sulawesi. Domba ini dibawa ke Indonesia oleh pedagang Arab pada abad ke-9. Domba ekor gemuk memiliki ciri-ciri berupa bentuk badan besar dengan bobot domba jantan yang dapat mencapai 50 kg dan domba betina hingga 40 kg.

Domba jantan ekor gemuk bertanduk dan domba betina tidak bertanduk. Jenis domba ini memiliki ekor yang panjang. Pada bagian pangkalnya besar dan menimbun lemak yang banyak. Bagian ujung ekor domba berukuran kecil tidak berlemak.

Domba priangan

Domba priangan juga dikenal sebagai domba garut yang diperkirakan berasal dari hasil persilangan segitiga antara domba asli Indonesia, merino, dan ekor gemuk dari Afrika Selatan. Domba garut sudah sangat terkenal, bahkan menjadi ikonik daerah Garut.

Umumnya, domba garut berbadan besar dan lebar disertai dengan leher yang kuat sehingga mampu digunakan sebagai domba pemacek (pejantan siap kawin). Bobot domba jantan dapat mencapai 60 kg, sedangkan domba betina seberat 35 kg.

Domba jantan memiliki tanduk besar yang melengkung ke belakang berbentuk spiral. Bagian pangkal tanduk kanan dan kiri hampir bersatu. Sementara itu, domba betina tidak bertanduk.

Tampilan domba garut sangat khas dengan bulu yang lebih panjang daripada domba asli Indonesia. Warna bulu domba garut bervariasi, mulai dari putih hitam dan cokelat atau warna campuran

ikon telur 4

Peternakan

Pembinaan, pemantauan, pengawasan dan fasilitasi pembibitan, produksi dan budidaya ternak ruminansia dan non ruminansia.
ikon fish 4

Perikanan

Pembinaan, pemantauan, pengawasan kesehatan hewan, kesehatan masyarakat veteriner, pengolahan dan pemasaran hasil peternakan.
suntikan 3png

Kesehatan Hewan

Pembinaan, pemantauan, pengawasan dan pemberdayaan dan perijinan perikanan, perikanan tangkap dan perikanan budidaya.