Log in Register

Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *
Captcha *
Reload Captcha

Daging Wagyu

Daging wagyu terkenal dengan harganya yang mahal, untuk 1 kg daging bisa mencapai jutaan rupiah. Harga daging wagyu yang mahal ini sebanding dengan rasanya yang lezat serta kelembutan daging yang tiada tara

Mahalnya harga daging wagyu karena sapi dirawat dengan perawatan ekstra untuk menjaga keaslian daging. Para peternak harus memerhatikan garis keturunan sapi untuk mempertahankan kualitas daging wagyu.

Ada beberapa produsen waist wagyu yang memberikan pijatan dan bir untuk sapi agar sapi tidak stres sehingga daging yang dihasilkan lebih berkualitas. Namun, itu bukan satu-satunya cara yang dilakukan peternak untuk mendapatkan daging berkualitas tinggi. Ada juga peternak yang menyikat kuku-kuku sapi untuk meningkatkan sirkulasi darah dan menghilangkan stres.

Pemerintah Jepang langsung mengontrol kualitas daging wagyu yang dihasilkan oleh para peternak sapi potong di Jepang. Sapi-sapi diberikan diet ketat agar bisa masuk kualifikasi wagyu berkualitas.

Sapi dewasa yang tengah hamil diperah susunya dan digembalakan di padang rumput. Sementara itu, anak sapi diberikan makan pengganti susu dan mendapatkan jaket saat udara dingin sedang tidak bersahabat. Anak sapi diberikan susu, langsung satu ekor satu susu. Pemberian dilakukan dengan tangan, persis seperti ibu yang sedang memberikan botol susu ke anaknya. Anak sapi memang dirawat dengan treatment seperti dimanjakan.

Setelah berusia 7—10 bulan, anak sapi akan dipindahkan ke peternakan khusus untuk dipelihara dengan perawatan ekstra. Anak sapi melakukan diet dan diberikan pakan jerami, konsentrat tanaman, dan digemukkan hingga seberat 700 kg selama tiga tahun.

sapi penghasil wagyu dirawat untuk menghasilkan daging yang memiliki banyak jaringan lemak (marbling) di dalam serabut ototnya. Kualitas lemak yang tinggi membuat daging wagyu memiliki tekstur yang empuk. Selain itu, marbling tersebut juga sangat memengaruhi cita rasa daging yang dihasilkan. Lemak tersebut terasa seperti mentega yang lembut.

Daging wagyu tidak bisa dihasilkan oleh sembarang jenis sapi. Daging ini hanya bisa dihasilkan oleh jenis sapi yang spesifik ada di Jepang, seperti japanese black, japanese brown, japanes shorthorn, dan japanese polled.

ikon telur 4

Peternakan

Pembinaan, pemantauan, pengawasan dan fasilitasi pembibitan, produksi dan budidaya ternak ruminansia dan non ruminansia.
ikon fish 4

Perikanan

Pembinaan, pemantauan, pengawasan kesehatan hewan, kesehatan masyarakat veteriner, pengolahan dan pemasaran hasil peternakan.
suntikan 3png

Kesehatan Hewan

Pembinaan, pemantauan, pengawasan dan pemberdayaan dan perijinan perikanan, perikanan tangkap dan perikanan budidaya.